Senin, 27 Desember 2010

Pemicu Kemudi Mobil Bergetar

Stir atau kemudi yang nyaman semestinya memang tidak bergetar ketika berkendara. Apabila sudah mulai terasa tidak nyaman, semisal handling saat berkemudi terasa bergetar saat berjalan dikecepatan tertentu atau ketika pedal rem diinjak, ada beberapa hal yang patut diperhatikan apabila hal semacam itu tejadi.
Cek kondisi rem
Bila piringan rem sudah tidak rata atau bergelombang, maka saat ketika dilakukan pengereman maka akan bergetar. Getaran itulah yang akan diteruskan ke kemudi dan akan terasa getarannya hingga ke tangan saat mengemudi. Karena itu, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke bengkel untuk memastikan dan mengecek kondisi piringan.

Selain kondisi piringan rem, bearing (laher) roda depan yang mengalami keausan juga bisa menyebabkan getaran di stir/kemudi. Tapi, getaran ini tidak hanya muncul pada saat di rem saja. Pada saat kecepatan tinggi dan permukaan jalan yang tidak rata getaran juga terasa bahkan biasanya disertai juga dengan bunyi gemuruh pada roda. Untuk mengatasi masalah seperti ini, solusinya adalah dengan segera mengganti komponen tersebut.
Spooring & Balancing
Pada kasus stir yang terasa bergetar saat mengerem, memang kemungkinan besar faktor pemicunya ada pada sistem rem dan bukan karena tidak berfungsinya balancing. Tapi, Balancing dan spooring tentunya juga dapat meningkatkan kenyamanan berkendara karena mampu menghindari stir bergetar yang dihasilkan akibat putaran roda mobil saat berjalan serta dapat meningkatkan kestabilan kemudi.

Untuk itu disarankan agar tetap melakukan spooring dan balancing setiap 10.000 km dan dilanjutkan dengan pemeriksaan pada sistem pengereman itu sendiri. Segera ganti kanvas rem jika telah habis dan pergunakan kanvas rem yang orisinil agar kualitasnya terjamin. Sementara perawatan untuk laher, dapat dilakukan dengan cara dilumasi kembali dengan grease (gemuk) setiap 20.000 km.

Spooring : Meningkatkan Kenyamanan Berkendara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar